Thursday 26 October 2017

Ngebolang 1 hari 3 pulau

hanriryn
Awalnya iseng nyari one day trip kepulauan seribu selain kelor, cipir, dan onrust. Akhirnya ketemu ketemulah open trip yang menyediakan tour one day trip ke 3 pulau dan sudah termasuk main banana boat dan snorkling. Ahirnya gue share ke bolo teman gue, akhirnya dia setuju dan malah ngajak teman kantornya, jadilah kita berdelapan ke ODT ke pulau. yeah !

Dengan paket tour seharga Rp. 195.000,- kita udah dapat kapal PP, makan siang, alat snorkling, dan dokumentasi (walaupun hasilnya sungguh mengelus dada 😓) untuk kepulau untung jawa, pulau rambut dan pulau kelor, walaupun pada akhirnya di cancel kepulau kelor dan di ganti kepulau onrust.😑 Tibalah saat dinanti kepulau yeah kepulau #norak.

Meeting point di dermaga muara kamal. lalu sekitar jam 9 pagi, akhirnya kita berangkat. yuhuuu. Perjalanan dari dermaga muara kamal ke pulau untung jawa sekitar 2 jam.
hanriryn
kapal yang dipakai
Pulau Untung Jawa merupakan salah satu kelurahan di kecamatan kepulauan seribu selatan, kabupaten kepulauan seribu, Jakarta.  Awal kesini di sambut dengan banyaknya tenda-tenda dengan tempat lesehan yang siap menampung pengunjung untuk beristrihat sambil memadangi laut.  Namun kita nggak bisa merasakan itu, karena harus ikut itinerary tour.
hanriryn
Tenda-tenda untuk menikmati laut di Pulau Untung Jawa
hanriryn
View Pulau Untung Jawa
Setelah sampai kita langsung ganti baju untuk snorkeling dan main banana boat. namanya juga objek wisata, apapun yang bisa menghasilkan duit ya di objekin.. hehehe... ganti baju disini pengunjung di kenakan Rp.2.000,-, jadi siap-siap aja bawa uang kecil kalau kesini.

Setelah selesai berganti pakaian, setelah itu gue dan peserta lain di briefing mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama melakukan snorkeling dan banana boat. Disini kita di bagi pelampung, alat snorkling, dan sepatu karet. 
hanriryn
Water Sport yang bisa di coba di Pulau Untung Jawa
hanriryn
Sepatunya karet di pinjamkan supaya nggak terkena karang
Awal sebelum snorkeling, kita diajak main banana boat, asli disini gue deg..degkan tapi penasaran. 3 kali dibanting dan nyebur di tambah lagi air laut yang engga sejernih pulau yang pernah gue datangi, bikin nambah gue paranoid sendiri. 😁
hanriryn
View Pulau Untung Jawa dari Jauh
Setelah deg-degkan main banana boat, akhirnya kita naik perahu kecil menuju pulau rambut. Pulau Rambut merupakan salah satu pulau yang berada di dalam gugusan kepulauan seribu. Pulau rambut dikenal juga dengan pulau kerajaan burung, karena di pulau ini merupakan tempat migrasi berbagai jenis burung dari Australia dan India.
hanriryn
Menuju spot snorkeling 
 Tapi waktu ikut tour ini nggak sampai kepulauanya, hanya spot snorkelingnya saja 😅 di dekat pulau rambut.  Agak kecewa sieh sama kondisi airnya yang nggak biru, malah cenderung coklat tapi gue coba nikmatin , walaupun deg-degkan tenyata masih ada. Ombaknya cukup bikin badan gue terombang-ambing dan air laut yang nggak jernih bikin gue sempet ciut nyalinya. Akhirnya dengan bantuan guidenya gue bisa sampai di spot snorkling. tapi tetap aja gue nggak berani buat nyelam..hahahahahah (beraninya cuma di kolam renang doang, gue ).
hanriryn
View Pulau Rambut dari jauh
hanriryn
salah satu dokumentasi dari tournya yang layak setelah di edit 😂
 setelah puas (takut) snorkling di spot pulau rambut, akhirnya kita balik ke pulau utung  jawa, untuk bersih-bersih. Setiap pengunjung disini kalau mau mandi dikenakan Rp.5.000,-. yang uniknya 5 ribu itu harga dari satu ember 😁. Sempet kaget karena biasanya toilet umum dihitung bukan dari ember air. Setelah gue kepoin si ibunya sambil nunggu giliran antri, ternyata mereka harus ngambil air lumayan jauh dari tempat penampuang air bersih dan belum bisa disalurkan melalui pipa, makanya harga seember lumayan juga.
hanriryn
View menuju pulau onrust
Setelah mandi dengan penuh keiritan, destinasi selanjutnya menuju pulau onrust. Pulau Onrust  merupakan pulau yang berada di kabupaten kepulauan seribu yang letaknya berdekatan dengan pulau bidadari. Pulau Onrust mulai bebenah, dilihat dari papan penjelasan setiap tempat, yang duluanya hanya papan kayu, sekarang diganti lebih baik. Apalagi dibagian musholah yang lebih baik daripada tahun 2013 gue kesini dan tidak lupa disini dibangun kincir angin, dan menjadi icon unik untuk pulau onrust.
hanriryn
View Pulau Onrust
hanriryn
Icon Pulau Onrust
hanriryn
View Pulau Onrust
hanriryn
Musholah di Pulau Onrust
hanriryn
di Pulau Onrust ada Gardu Pandang, tapi harus berhati-hati karena tangganya berkarat
hanriryn
View Pulau Onrust

Jam menunjukan 3 sore, saatnya kembali Jakarta. Tapi sebelumnya berfoto bersama dengan peserta lainnya.

hanriryn


Dermaga Muara Kamal
Alamat 
Jalan Kamal Pantai, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

Cara Menuju Dermaga Muara Kamal Naik Kendaraan Umum ?
Naik Transjakarta Jurusan Grogol > Turun di Grogol > pindah / naik transjakarta jurusan Kalideres > Turun di halte Rawa Buaya > Keluar halte jalan ke kolong flyover jorr sisi utara > Naik mobil bentuk carry plat hitam jurusan Kapuk - Kamal > turun di depan stadion Kamal Muara > Jalan sedikit menuju dermaga muara kamal

Tips : berhubung dipagi hari masih ada aktivitas jual beli ikan, disarankan untuk memakai alas kakinya berupa sandal soalnya kondisi dermaga yang masih becek.




No comments:

Post a Comment