Sunday 7 July 2019

Datang Ke Museum Bahari Jakarta Tersingkat

Museum Bahari yang terletak di kawasan kota tua tepatnya di Jalan pasar ikan no.1 Sunda Kelapa , Jakarta Barat ini dahulunya merupakan digunakan sebagai gudang tempat menyimpan, dan mengepak hasil bumi seperti rempah – rempah yang merupakan komoditi utama VOC yang sangat laris  di pasaran Eropa pada waktu itu seperti  pala, lada, cengkeh, kopi, teh sampai bebagai kain.

Untuk masuk kesini,  pengunjung hanya di kenakan sebesar Rp.5000,- (dewasa). Disini pengunjung bisa melihat beragam koleksi mulai dari miatur kapal modern, berbagai macam lengkap perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran seperti alat navigasi, jangkar, teropong bahkan sampai aneka meriam serta berbagai macam koleksi  kekayaan laut mulai dari berbagai macam jenis biota laut sampai peta penyebaran pun disajikan dengan sangat informatif. 

Bahkan ada tokoh-tokoh maritim nusantara sampai tokoh-tokoh yang terkenal di dunia maritim. Museum yang resmi berdiri pada tanggal 7 Juli 1977 sangat banyak menyimpan aspek-aspek bahari nusantara dari sejarah nusatara, wisata kuliner, biota laut hingga perikanan. 

Oh, ya disetiap perjalanan gue pasti ada aja adegan receh, sebenarnya gue ke museum ini terbilang nekat / random alias tanpa perecanaan sama sekali, jadi sesampai di museum ini sekitar 30 menit sebelum tutup dan tersisa 5 pengunjung termasuk gue. Dengan kecepatan kilat gue jepret-jepret dan sedikit observasi singkat. Museum yang pernah mengalami kebakaran ini, menurut gue ada spot yang bagus / instagramable dan ada cafenya juga, tapi sayang waktu kesini cafenya udah tutup. jadi nggak bisa lihat menu apa saja yang dijual.

Untuk kalian yang datang dengan menggunakan transpostasi umum,cukup naik transjakarta 12B,naik dari depan stasiun kota, dengan membayar Rp. 3.500 saja. Sebenarnya selain museum bahari, ada objek wisata yang yaitu menara syahbandar, dan komplek VOC tapi berhubung waktu udah menjelang sore, jadi gue urungkan, next ngebolang gue akal explore kawasan ini.

see you !



MUSEUM BAHARI JAKARTA
Alamat
Jalan Pasar Ikan No. 1, RT 11, 
Penjaringan, Kota, Jakarta Utara
DKI Jakarta 14440 
Telephone
021 6693406
Hari / Jam Buka 
Selasa - Jumat / 08.00 - 16.00
Hari Senin Libur




No comments:

Post a Comment